Cinque Terre

2014/03/12

CARA UPLOAD KARYA ILMIAH DI KARIL.UT.AC.ID | UPDATED

Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah, setiap mahasiswa diwajibkan melakukan publikasi ilmiah sebelum yang bersangkutan lulus suatu program studi dan mendapatkan gelar S1 maupun S2. Ketentuan ini juga berlaku bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT). Mulai tahun 2013 mahasiswa UT wajib melakukan publikasi karya ilmiah pada Jurnal Online Universitas Terbuka sebagai persyaratan kelulusan. Penulisan karya ilmiah dilakukan sesuai dengan format karya ilmiah yang telah ditentukan seperti yang tercantum dalam panduan Karya Ilmiah UT yang dapat diunduh berikut ini :

•    Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FKIP
•    Panduan Karya Ilmiah untuk Pembimbing dan Mahasiswa FEKON, FISIP, FMIPA, dan PPs

Sedangkan prosedur upload (mengunggah) karya ilmiah karil UT dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut...

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan :
=====================
Registrasi Karil Terlebih Dahulu. Karil dapat diunggah melalui Website: "http://karil.ut.ac.id:88/id/user/register" (tanpa tanda kutip), apabila sudah melakukan Registrasi Pembayaran karya Ilmiah (Karil), yang dibayarkan menggunakan Billing (LIP) melalui Bank-bank yang telah ditentukan seperti BRI/ BTN/ Mandiri. Apabila anda belum melunasi pembayaran Karil, maka pilihan Jenis Jurnal Tidak akan muncul dari menu "Nama Jurnal" di Website Karil.

Ketik NIM Secara Manual. Pengisian Nomor Induk Mahasiswa NIM pada kotak isian, harus dilakukan secara manual/ diketik. Apabila NIM diisi dengan cara Copy-Paste (ctrl + V atau klik kanan), maka pilihan Nama Jurnal juga tidak akan muncul/ atau keluar. Berikut gambar kegagalan yang terjadi karena "Belum registrasi, atau Mengisi NIM dengan cara Copy-Paste" :

  
Mengakses aplikasi Karil UT
=====================
Pastikan komputer yang Anda gunakan terhubung ke internet, buka website Unggah Karya Ilmiah Mahasiswa UT Pendas dengan mengetikan alamat "http://karil.ut.ac.id:88/id/user/register" (tanpa tanda kutip). Sistem akan memunculkan tampilan seperti berikut :

Membuat akun baru
===============
Menu ini merupakan fasilitas untuk mengetahui langkah-langkah membuat akun baru. Buka website Unggah Karya Ilmiah Mahasiswa UT (http://karil.ut.ac.id), Kemudian isi form dengan lengkap :


  • Isi email anda (harus valid).
  • Isi nomor induk mahasiswa (harus valid).
  • Pilih tanggal, bulan dan tahun, sesuai dengan tanggal lahir anda.
  • Isi judul jurnal karya ilmiah milik anda.
  • Isi nama jurnal yang ter-generate apabila NIM anda valid.
  • Pilih karya ilmiah dengan mencari letak penyimpanan file Karya Ilmiah Anda di komputer. (yang dapat diunggah berupa file dengan ekstensi doc, docx, rtf, dan odt, dengan ukuran tidak lebih dari 1 MB).
  • Cantumkan kata kunci yang dapat mempermudah pencarian (kata-kata yang terkandung dalam jurnal).
  • Daftarkan akun baru Anda dengan klik tombol  : 
Kegagalan
=======
Apabila gagal, form registrasi akan muncul kembali dengan perubahan warna merah pada bagian yang inputannya tidak sesuai seperti dibawah ini :
Keberhasilan
=========
Apabila berhasil, sistem akan menampilkan pesan untuk memeriksa alamat email yang Anda daftarkan untuk mendapatkan password dan langkah lebih lanjut untuk memasuki akun baru Anda.

======>>>>>>>>>>>>>>>>><<<<<<<<<<<<<<<<<======
Catatan Penting!!!
============
1. Ukuran File Maksimal 1 Mb. Bila diatas 1 Mb, kompres gambar menggunakan Photoshop agar resolusi gambar menjadi lebih kecil. Caranya: READ MORE (KLIK DISINI)>>>
2. Awalnya saya gagal saat mengupload dengan ekstensi .rtf sesuai petunjuk dari website karil.ut.ac. id, dengan peringatan "Kombinasi NIM dan tanggal lahir salah", setelah saya ubah menjadi .doc upload menjadi berhasil. Caranya: READ MORE (KLIK DISINI)>>>

==================================================
Cek Email Balasan

Ini Sebagai jawaban dari mba' Siti Muslimah dan sobat aaps10 yang lain, dengan catatan "upload anda berhasil"Sebenarnya email balasan sudah dikirimkan, tapi biasanya tidak masuk ke kotak inbox. Trus ..?
Coba anda masuk ke kotak spam, biasanya email balasan bila tidak ada di kotak inbox berarti masuk ke kotak spam. Hal sangat  dimungkinkan karena gmail menganggap email balasan sebagai spam. Caranya Seperti Berikut :
1. Silahkan anda login ke email. Pada tab sebelah kiri, Klik tab Selengkapnya. Akan keluar tab-tab yang lain.
2. Klik tab spam, kemudian lihat pada layar sebelah kanan. Semoga ada email dari "noreply@karil.ut.ac.id" disana.
3. Bila ada email dari "noreply@karil.ut.ac.id", jangan lupa like-nya.. *^_^*
Semoga dapat membantu.
==================================================



Update: KIRIM KELUHAN ANDA KE:

SILAHKAN KIRIM KELUHAN ANDA SEPERTI:
1. NIM TELAH TERDAFTAR
2. EMAIL SUDAH TERPAKAI
3. PILIHAN JURNAL TIDAK KELUAR PADAHAL ANDA SUDAH BAYAR KARIL
4. DLL

KE ALAMAT :


SEMOGA DAPAT MEMBANTU ANDA!!!


Sumber
==================================================
http://student.ut.ac.id/
http://www.rodajaman.net/2013/11/cara-uploadunggah-karya-ilmiahkaril-ut.html

88 comments:

  1. mohon bantuannya tentang kode konfirmasi Unggah Karil UT dan pasword tidak bisa terkirim ke alamat email ini, padahal diketerangan email dan nim sudah terunggah. mohon bantuannya. terimakasih
    atas nama : SITI MUSLIMAH
    NIM: 823172881
    Alamat email : sitimuslimah78@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda lihat jawabannya pada post diatas. Post sudah saya perbaharui. Semoga dapat membantu mb Siti Muslimah. Untuk yahoo mail hampir sama dengan gmail, yaitu dengan melihat kotak spam.

      Delete
  2. Saya mencoba mengunggah Karil UT, tapi tidak berhasil. Pada Form registrasi pesannyanya alamat email sudah terdaftar gunakan alamat email yang lain dan NIM sudah terdaftar, silahkan cek email anda. Setelah di cek email baik di kotak masuk dan spam tidak terdapat balasannya, mohon bantuannya, terimaksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan dari Mb Dewi mungkin bisa dijawab dengan beberapa pertanyaan berikut:
      1. Apakah anda pernah mengupload karya sebelumnya, sebelum anda gagal pada kesempatan terakhir?
      Bila iya, berarti upload "sebelum kesempatan terakhir" memang telah berhasil.
      2. Apakah anda pernah mengatur email untuk tidak menerima spam? jika begitu, ada 2 kemungkinan. Pengaturan spam pertama, spam langsung dimasukkan ke kotak sampah (trash). Pengaturan spam kedua, spam langsung dihapus tanpa melewati kotak sampah (trash). Hal ini menjadikan email dari "noreply@karil.ut.ac.id" terhapus selamanya.
      3. Saya berharap email dari "noreply@karil.ut.ac.id" yang dianggap spam oleh sebagian penyedia layanan email, masih tersisa di kotak sampah (trash) email anda. Saran saya, coba anda cek email dari "noreply@karil.ut.ac.id" pada kotak sampah (trash). Perlu anda ketahui kotak sampah (trash) pada email, sama fungsinya dengan "Recycle Bin" pada Windows. Trims, semoga jawaban saya dapat membantu anda.

      Delete
  3. mohon bantuannya
    saya telah mendaftar tetapi email yang saya masukkan keliru. email yang saya isi yaitu (afriantierma62@yahoo.com), sedangkan email yang benar yaitu (ermaafrianti62@yahoo.com).

    mohon dibals ke email saya
    mohon balasan segera, disertai pengiriman pasword kepada email yang benar di atas (ermaafrianti62@yahoo.com)
    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesalahan ini bisa diatasi dengan cara berikut:
      1. Anda buat email dengan nama afriyantierma62@yahoo.com. Akan tetapi menurut pengalaman saya, nama email yang mirip biasanya sulit di klaim oleh anda dengan berbagai pertimbangan dari pihak penyedia layanan email. Hal ini patut anda coba, dan semoga berhasil.
      2. Yahoo memberikan fasilitas "alamat email ekstra", sehingga anda mempunyai email kedua yang berasal dari email pertama dalam satu akun dan password yang sama. Caranya? Silahkan anda lihat posting, berikut ini:
      http://aaps10.blogspot.com/2013/12/membuat-email-baru-alternatif-dari.html
      Semoga bisa membantu sobat aaps10 yang lain.

      Delete
  4. bermasalah atau tidak nantinya jika dalam dokumen yang kita unggah tidak disertakan grafik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memperkecil, memang grafik bisa dihilangkan dan tidak bermasalah. Karena sepertinya setelah di upload, karya ilmiah anda masih bisa di edit ulang.

      Delete
  5. pa......ko pas dibuka alamatnya ga bisa ...memuat halaman bermasalah....saya coba lagi terus...terus tetep aja ...apa ada alamat alternatif?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf alamat alternatif yang mana. karil.ut.ac.id atau alamat apa ya?

      Delete
  6. g bisa buka alamat web untuk unggah karil....padahal paling lambat tanggal 23

    ReplyDelete
  7. g bisa buka alamat web untuk unggah karil....padahal paling lambat tanggal 23,gimana solusi nya tu pak?terima kasih

    ReplyDelete
  8. gmn pak admin , udah brkali-kali alamat web http://karil.ut.ac.id:88/id/user/register .... tidak bs masuk . solusi nya gan .... ? mhn di perbaiki segera . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wach.... sama tuch.... Boro-boro mau upload...
      mau registrasi aja gak bisa....
      mohon solusinya donk....

      Delete
  9. gimana pak admin web http://karil.ut.ac.id:88/id/user/register selalu tampil Unable to connect padahal paling lambat sampai tanggal 23 tolong solusinya,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  10. Web server karil.ut.ac.id saat ini sedang dalam keadaan down. Hal ini bisa dimaklumi karena saat ini hampir mendekati deadline upload, sehingga banyak orang yang mengakses server karil.ut.ac.id dan server pun mengalami over load. Semoga para admin mampu menangani permasalahan ini secepatnya, sehingga alamat karil.ut.ac.id dapat diakses kembali.

    ReplyDelete
  11. mohon bantuanya , udah berkali kali unggah tetep ada keterangan NIM anda sudah terdaftar, cek email, udah dicek di email gx ada, spam gx ada
    atas nama : SUTARNO
    NIM 822468538
    Email sutarnosutarno2@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tlg dibantu ya,saya udah uploud karil tapi email yang saya masukan salah,trs saya coba lagi pake email saya yang bener,setelah itu ada keterangan NIM anda sudah terdaftar cek email anda,trs gmn ya? makasih
      nama:surya setyawan
      NIM:17613392
      email:suryasetyawan90@gmail.com

      Delete
  12. Silahkan Pilih Nama Jurnal
    Kombinasi Tanggal lahir dan NIM salah
    bgtu teruuuss bagaimana yaa??
    tolong di bantu

    ReplyDelete
  13. gimana nih pak mau ngirim karya ilmiah tidak bisa milih jurnal pembelajaran pleasa choose tidak bisa nih udah berkali-kali diklik dari pagi sampai tengan malam bahkan subuh pun ngirim tetap tidak terbuka pilihan jurnalnya sementara batas waktu sampai tgl 23 ini, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  14. trus gimana kalo karil baru d kirim tp kluar kalo NIM sudah terdaftar????,
    pdahal karilnya blum d nyatakan terkirim.....

    ReplyDelete
  15. kenapa pas unggah karya ilmiah katanya email sdah terdaftar dan NIM juga sdah terdaftar silakan cek email anda...
    pas cek email kok kosong sih????

    mohon bantuannya mas please................. :)

    ReplyDelete
  16. saat membuka akun pengguna tidak ada item daftar jadi yang ada login dengan lupa kata sandi, gimana dong..helppp

    ReplyDelete
  17. saya ngaploud dlu pakai yahoo,tidak ada jawaban klo jurnal lolos plagiat,padahal tmn2 yang pakai gmail dapat blasan,hari ini sya disuruh ngaploud ulang,alamat bt unggah karil dibuka kok tidak bisa ya?

    ReplyDelete
  18. saya dlu ngaploud pakai yahoo tidk dibalas klo sudh lolos plagiat,yang ngaploud pakai gmail diblas,ini bagaimana?ni saya disruh ngaploud lagi karil,sya buka alamat bt ngaploud kok tidak bisa?kirimi alamat bt ngalpoud karil,trima ksih.

    ReplyDelete
  19. kaya gimana sih email balasan dari mba' Siti Muslimah ?

    ReplyDelete
  20. kaya gimana email balasan dari mba' Siti Muslimah/ "noreply@karil.ut.ac.id" ? soalnya saya sudah unggah tapi belum ada email balasannya.

    ReplyDelete
  21. kaya gimana sih email balasan dari "noreply@karil.ut.ac.id"/ mba' Siti Muslimah ? soalnya saya tadi siang sudah mengunggah tapi belum ada email balasannya.

    ReplyDelete
  22. kaya gimana sih email balasan dari mba' Siti Muslimah / "noreply@karil.ut.ac.id" ? soalnya td siang saya sudah mengunggah tapi sampe sekarang belum ada email balasannya ?

    ReplyDelete
  23. kaya gimana sih email balasan dari mba' Siti Muslimah / "noreply@karil.ut.ac.id" ? soalnya td siang saya sudah mengunggah tapi sampe sekarang belum ada email balasannya ?

    ReplyDelete
  24. kok gagal terus y upload karilnya keterangannya Silahkan Pilih Nama Jurnal
    Kombinasi Tanggal lahir dan NIM salah
    padahal inshaAllah sdh benar dan sudah lunas billingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di rubah ekstensinya,,tp sama aja tu,,,

      Delete
  25. mohon tlg di bantu ,,,ko di jurnal gk ada pilihan nya,,,,,jadi gk bisa unggah karil

    ReplyDelete
  26. Siang Pak, upload karil tidak berhasil pak muncul tulisan merah "NIM Anda telah terdaftar, silahkan cek email Anda" saya juga telah memperbahurui email ekstra, membuat doc ke world 97-2003 & kombinasi tanggal lahir dan NIM, namun upload selalu gagal.

    ReplyDelete
  27. pa saya sudah mengirim karil pada regestrasi 2013.2 tapi pas nilai keluar ko karil PGSD BL (belum Lulus) waktu saya ngirim karil emang tidak ada blsn di email saya tapi pas saya mengirim email k karil@ecampus.ut.ac.id jawabannya karil saya sudah terkirim dan lulus. apa saya harus ngaplod karil saya lagi sekarang?mohon bantuannya

    ReplyDelete
  28. malam pak, pak kenapa saat sya mau unggah karya ilmiah sya selalu gagal ... mohon bantuannya pak...

    ReplyDelete
  29. kasus q kombinasi nim dan tgl lahir salah trus nama jurnal pilihan'y gak muncul gmana tuh solusinnya tlong bantu dong,,.?

    ReplyDelete
  30. Lain lagi halnya dengan saya, Studen.ut.ac.id. tidak bisa dibuka dan ada anjuran untuk buka d iStuden.ut.web.id. untuk tuton bisa tapi untuk apload tidak bisa?
    mengapa yaaaa??
    ada yang bisa bantu gak

    ReplyDelete
  31. semangat sore pak
    saya sudah coba upload tetapi tetep gagal @ di kolom jurnal tidak bisa di pilih serta NIM dan Tanggal Lahir >kombinasi salah ....... padahal saya sempet buka blog lain kalau hal tersebut terjadi kemungkinan belum ada pembayaran ... namun saya sudah membayar
    sedangkan periode upload karil Note: Scientific Work upload open between 17/04/2014 until 30/06/2014 23:59:59

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  32. Pa saya sudah input semua data sesuai yg diminta, tapi pada saat memilih nama jurnal kenapa pilihannya tidak muncul???????????? mohon bantuannya

    Iis Susi Hermasari, 819945672, 2013.2, PGSD

    ReplyDelete
  33. mohon bantuannya....knapa waktu klik pilih jurnal gk bisa-bisa

    ReplyDelete
  34. Asslmu'alaikum. maaf pa mau tanya, saya sudah pernah unggah karil tapi pas saya login, ko datanya tidak ada, nama penulis, kata kunci semuanya masih kosong. mohon solusinya. terimakasih

    ReplyDelete
  35. saya sudah ungguh karya ilmiah tapi yang masuk hanya judulnya saja untuk nama jurnal,penulis dan tahun publikasi tidak dapat masuk apakah saya harus mengulang kembali karya saya tersebnut trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diulang kembali, cek apakah file karya ilmiahnya sudah terupload. trims

      Delete
  36. saya sudah unnguh karil namun yang keluar hanya judul sementara nama jurnal th publikasi, dan kata kunci tdk muncul haruskah ungguh ulang mohon bantuanya

    ReplyDelete
  37. mohon bantuannya, sudah berhasil unggah dan dah dapat balasan, tetapi setiap dibuka lewat login yang tercantum hanya judulnya saja, dah dibuka "selengkapnya" tetep yang ada hanya judul saja, katanya unggah lagi, dah dilakukan hasil tetep seperti itu sampai beberapa kali ganti e-mail???

    ReplyDelete
  38. mohon bantuannya, sudah berhasil unggah dan dah dapat balasan, tetapi setiap dibuka lewat login yang tercantum hanya judulnya saja, dah dibuka "selengkapnya" tetep yang ada hanya judul saja, katanya unggah lagi, dah dilakukan hasil tetep seperti itu sampai beberapa kali ganti e-mail???

    ReplyDelete
  39. halo, salam kenal...
    tolong, knapa sih saat up load karil selalu gagal/ konfirmasi ga segera datang?
    trims...

    ReplyDelete
  40. mau tanya nih..saya sudah unggah karil tapi saya l;ihat rician juurnal,kata kunco dll kog ga ada gmana ya?

    ReplyDelete
  41. Pak saya mau bertannya. Saya ada mengirimkn 27 orng guru dari BERAU (KALTIM) untuk karil UT,Kenapa pakai email ymail.tdk ada balasan dari UT di kotak inbox atau spam, sedangkan kalau pakai email gmail ada balasan dari UT di inbox atau spam. Apa bedanya ymail dan gmail pak ? Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
  42. Terimakasih untuk sobat aaps10 yang telah antusias mengomantari blog ini. Jawaban Untuk beberapa Komentar:
    1. Taufani, Kusdiyanto. Apakah anda sudah melakukan hal seperti pada postingan berikut : http://aaps10.blogspot.com/2014/05/karil-ut-contoh-balasan-e-mail-dari.html
    2. Untuk Mb Hesti Nuryani beserta teman yang lainnya, apabila hal-hal pada postingan di atas dipastikan sudah anda lakukan, coba lakukan upload di malam hari (tengah malam). Kesulitan mungkin disebabkan lalu-lintas traffic internet pada website Karil UT sedang padat.
    3. Bila anda masih kesulitan, dan anda yakin percaya dengan saya. Lengkapi data berikut:
    a. Email beserta Password
    b. NIM
    c. Tanggal Lahir
    d. Judul Karya Ilmiah
    e. Kata Kunci
    f. Lampirkan file ketikan karya ilmiah dalam bentuk word (doc)

    Kirimkan data di atas ke alamat email saya aaps10@gmail.com. Insya Alloh saya akan menjaga kerahasian sobat aaps10 semua. Saya akan membantu sobat semua menguploadkan Ka-Ril-nya. Trims

    ReplyDelete
  43. Buat Mb Triwida Hastuti, Mohon di buka dulu e-mailnya, di inbox ada email dari saya. ID dan Password sudah saya kirimkan di e-mail mb. Jadi Buka dulu e-mail mb. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, Untuk para rekan yang meminta bantuan admin aaps10, Tolong lampirkan juga file karilnya. Soalnya saya tidak bisa membantu upload karya ilmiah sobat aaps10 semua bila file karilnya tidak attach ke e-mail saya. Soalnya banyak email masuk dengan data a - e, tapi f nya belum dilengkapi. Trims

      Delete
  44. Saya TRIS NURNANINGSIH (817879055) POKJAR PURWOREJO UPBJJ YOGYAKARTA semester 9 melayang ... saya ada permasalahan pada saat unggah karil 'pilihan jurnal' tidak bisa muncul ... KENAPA YAAAA????? REGRISTRASI sudah .... tanya rekan2 yang sukses unggah karil 'belum jg behasil' ... ke UT Yogya konsultasi jg belum dapat jawaban yang pasti KENAPA ????? Mohon solusinya .... agar sukses unggah karil .... Terimakasih.

    ReplyDelete
  45. Bagi sobat aaps10 mahasiswa UT, coba perhatikan hal berikut ini. Banyak email yang masuk pada redaksi aaps10 dengan keluhan tidak keluar "Nama Jurnal". Hal ini terjadi karena alamat :
    1. http://karil.ut.ac.id/ ====> untuk mahasiswa non pendas
    2. http://karil.ut.ac.id:88/ ====> untuk mahasiswa pendas
    Jadi bila mahasiswa pendas masuk pada alamat http://karil.ut.ac.id/ yang seharusnya untuk non pendas, maka "Nama Jurnal" tidak akan keluar.

    ReplyDelete
  46. Aslkm,, Spasi pendahuluan s.d daftar pustaka, apakah 1 atau 1,5 ? apakah grafiknya tetap dimasukan atau dihilangkan? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila grafiknya ada pada lampiran maka tidak usah disertakan. Akan tetapi bila ada dalam bab 4, maka sertakan saja. Untuk lebih jelasnya lihat dialamat ini :

      http://loker-soal.blogspot.com/2014/06/format-karya-ilmiah-yang-di-upload-pada.html

      Delete
  47. siang pak...saya sudah unggah karil namun sampai saat ini balasan dari noreply@karil.ut.ac.id belum ada pada email saya,,,email saya buat dari yahoo mail...mohon informasi...terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba anda ketikkan alamat http://karil.ut.ac.id:88/ , kemudian klik " Lupa sandi". Masukkan e-mail anda yang telah digunakan untuk mendaftar kata sandi. Bila memang sudah berhasil kirim karil sebelumnya, maka noreply@karil.ut.ac.id akan dikirim ulang. Semoga bisa membantu

      Delete
    2. siang pak,,,,
      saya sudah unggah karil dan sudah dapat balesan dari noreply@karil.ut.ac.id..
      apakah ada balasan lagi dari noreply@karil.ut.ac.id tentang karil saya di terima atau tidak?

      Delete
  48. Tolong pencerahannya pak, saya sudah kirim email ke bpk. Saya salah ngisi email dalam pengunggahan karil. Trims :(

    ReplyDelete
  49. Trimakasih, sudah mengunjungi blog aaps10. Berikut ini jawaban untuk bapak Drs. Andrias Suwarno, M.Pd :
    1. Mahasiswa dapat mengecek karilnya di website apabila karil sudah sukses terkirim, ditandai dengan balasan dari noreply@karil.ut.ac.id ke email mahasiswa yang bersangkutan. Ikuti link dalam balasan email yang digunakan untuk mengganti password id. Hal ini disebabkan, link dari email balasan hanya bisa digunakan sekali. Setelahnya sudah tidak bisa digunakan lagi. Hal inilah yang mengharuskan mengapa password harus diganti.
    2. Setelah password mahasiswa yang bersangkutan telah diganti, login sekali lagi dengan password yang baru. Bila telah berhasil login, seharusnya file karil yang telah di upload bisa download. Untuk lebih jelasnya lihat artikel berikut:
    http://aaps10.blogspot.com/2014/05/karil-ut-contoh-balasan-e-mail-dari.html

    ReplyDelete
  50. asslmkm, maaf pak sya mau tanya ..saya dah upload file karil trus berhasil tp k0q yg keluar cma judul...didownload jg ga bisa pak :( bgaimana solusinya...thx

    ReplyDelete
  51. Maksih....... sip banget..

    ReplyDelete
  52. saya mau tanya kenapa kenapa kalo saya mau mengapload karya ilmiah saya, selalu ada kata Only files with the following extensions are allowed: doc, rtf, odt? tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena yang diterima hanya ekstensi .doc. Caranya? Coba mb baca artikel di atas sekali lagi. Trims

      Delete
  53. mohon bntuannya kak saya sudah berapa kali uplod karil tapi yang muncul hanya judul saja isi nya kosong.....

    ReplyDelete
  54. "NIM ANDA SUDAH TERDAFTAR, COBA CEK EMAIL ANDA" bagaimana solusi dari kegagalan upload tersebut?

    ReplyDelete
  55. "NIM ANDA TELAH TERDAFTAR, SILAHKAN CEK EMAIL ANDA" minta tolong bagaimana penyelesaiannya tentang kegagalan unggah karil tersebut?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo urusan NIM sudah terdaftar, silahkan klaim permasalahan anda ke:
      http://layanan.ut.ac.id
      Jawaban dan bantuan akan dikonfirmasi ke email anda.
      Trims, semoga bisa membantu anda.

      Delete
  56. dari kemarin kenapa susah banget buka situsnya

    ReplyDelete
  57. Saya sudah bisa login dg password yg dh d gnti, tp karil saya cma da judul. Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  58. mau tanya ni mas,, untuk tau karil yang terkirim plagiat atau tidaknya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah pertama ada pemberitahuan sukses upload dan buat akun, kira2 seminggu kemudian akan ada pemberitahuan kedua tentang karil anda yang lolos dari plagiat atau tidak. trim sdh mampir

      Delete
  59. maaf mas mau tanya, saya bukan mahasiswa UT tapi jika saya ingin memasukkan jurnal ke UT bisa atau tidak ya mas? terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebijakan saat ini, hanya mahasiswa yang terdaftar dan sudah memiliki NIM yang bisa memasukkan karil ke direktori karil.ut.ac.id. Mungkin kedepannya bila terjadi perubahan kebijakan, hal itu bisa saja dilakukan. Trims sudah berkunjung.

      Delete
  60. maaf pak mau tanya, untuk mengunggah karil jurusan perpustakaan pilih jurnal mana pak saya masih bingung.dan ketika saya bingung tidak sengaja keluar dari langkah-langkah mengunggah kari saat di coba lagi gak bisa.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf telat balasnya (-: soalnya sudah agak jarang blogging.
      Untuk mb Misnatun Klog jurusan perpustakaan berarti anda masuk ke alamat non pendas :
      http://karil.ut.ac.id/nonpendas/
      trims sudah berkunjung.

      Delete
  61. Saya jurusan s1 pgsd. Jika karil saya tentang matematika apakah jurnal yg harus saya pilih pemblelajaran matematika sd atau jurnalnyg lain... tima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dipilih tentunya sesuai dengan jenis karil yang dipilh. Misalkan:
      PENINGKATAN PEMAHAMAN PADA PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MEDIA MANIK-MANIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN DEMONSTRASI.
      Melihat judulnya, berarti anda harus memilih jurnal pembelajaran matematika. Trims, semoga dapat membantu.

      Delete
    2. Mau tanya pak saya mahasiswa perpustakaan.
      Mau Upload karil tp yang saya bingung disitu kan hrus milih jurnal. Nah saya tidak tau itu jurnal apa yg harus saya pilih?? Sedangkan saya buka katalog ut pun jg tidak Ada

      Delete
  62. "http://karil.ut.ac.id:88/id/user/register" NOT RESPONDING terus mohon solusinya

    ReplyDelete
  63. pak.. kalau registrasi apa harus pakai akun gmail?..
    kalau pake yahoo masalah tidak pak?..
    mohon balasanya dan terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak masalah pakai akun gmail atau yahoo. Cuma kalau pakai gmail, lebih banyak keuntungannya

      Delete