Cinque Terre

2012/11/14

MEMBUAT CD ROM PADA FLASH DISK


Keinginan saya membuat CD ROM pada flashdisk bermula pada suatu ketika flash kesayangan saya terkena virus dikarenakan menservice sebuat komputer klien yang penuh dengan virus. Padahal ketika itu saya sudah memasukkan beberapa software penting untuk servis, dan saya lupa membackup isi flash tersebut.

Pertama terbersit dipikiran saya untuk mengunci, flash agar tidak bisa dimasuki oleh file apapun termasuk virus. Tapi setelah saya googling hasilnya nihil, flash bisa terkunci hanya pada komputer yang dipasang program, sedangkan komputer yang tidak dipasang program flash disk tetap tidak terkunci. Tanpa kenal lelah saya cari aplikasi yang bisa mengunci flash saya, akhirnya saya dapatkan sesuatu yang diluar angan-angan saya. Membuat CD ROM pada flashdisk, tutorial saya dapatkan di web luar.
------------------------------------------------------------------------------------------
Disini akan saya share pengalaman saya, bagi teman-teman yang membutuhkan tutorial ini. Langsung saja, kita persiapkan alat tempurnya.
 
  • Siapkan flash disk yang akan di jadikan CD ROM. Saya menggunakan Kingston China 4 GB dengan chip SSS (3S) buatan Thosiba atau cek jenis flash anda menggunakan tool dari chip genius atau CheckUDisk_v5.4.
  • Back up dahulu file dalam flashdisk, karena proses penulisan CD ROM pada flashdisk akan menghapus data yang ada sebelumnya.
  • Image yang sudah berisi software program yang kita inginkan, berformat iso.

-----------------------------------------------------------------------------------------

Langsung ke TKP, berikut langkah-langkahnya >>>
  • Siapkan image flash berformat iso yang akan kita masukkan dalam CD ROM flash, image harus bootble agar bisa di load bios saat komputer/ laptop start. Penting untuk mengingat lokasi file iso yang akan kita pasang. Misal E:\iso\aaps10 CD.iso.

  • Download program MP dari SSS(3s) disini.

  • Buka hasil download kemudian ekstrak.

  • Edit dahulu letak file iso di “6691_TSB_43nm_D2_CDROM.INI”. “E:\iso\aaps10 CD.iso” ganti dengan letak file iso di komputer anda. Setelah itu save, tutup.

  • Jalankanfile “U3S_MP_V2162.exe”, pada layar utama program pilih dengan cara klik “2. 6691 + Toshiba 43nm D2 Normal Flash (CDROM)” Kemudian akan tampil jendela pengaturan.

  • Flashdisk yang terdeteksi akan muncul di kotak pertama. Kemudian pilih start. Bila terlihat tanda silang warna merah berarti belum berhasil. Tunggu sementara waktu, coba lagi hingga bila berhasil akan terlihat proses penulisan flashdisk lama waktu penulisan sesuai besar file iso yang kita pasang.

  • Saya menggunakan file iso yang besarnya 3.70an GB dan selesai dalam waktu 25-an menit.

  • Tunggu hinga  terlihat tanda lingkaran biru, berarti pembuatan CD ROM flash telah berhasil.

  • Setelah selesai tekan tombol Quit, jangan buru-buru mencabut flash disk karena bisa jadi program belum menutup sempurna karena masih ada proses yang berjalan. Tunggu 5-10 menit. restart laptop/ komputer.

  • Pada windows explorer akan muncul 2 device. Device pertama adalah CD ROM flash, yang kedua adalah sisa kapasitas CD ROM yang terdeteksi sebagai removable device. Total flash disk kingston saya adalah 4 GB.

Selamat mencoba!

 








Artikel Lainnya : Membuat CD Rom Pada Flash Disk (Bagian 2)


--------------------------------------------------------------------------------
Catatan : Saya tidak bertanggung jawab bila ada kerusakan terjadi pada flashdisk anda. Bila anda yakin silahkan ikuti tutorial ini. Tutorial saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya. Trimakasih. Bila ada pertanyaan silahkan post di kolom komentar yang tersedia.

6 comments:

  1. bagaimana cara mengembalikannya ?

    ReplyDelete
  2. Trims, sudah mampir. Mengembalikannya dengan mengekskusi U3S_MP_V2162.exe”, pada layar utama program pilih "1. 6691 + Toshiba 43nm D2 Normal Flash”. Ingat!! tanpa CD ROM. klo sudah selesai nanti flash akan menjadi satu partisi kembali.

    ReplyDelete
  3. saya uda coba gan tapi flash gk trdeteksi....
    mohon pencerahanya gan..
    yg agan buat menggunakan flasdisk thosiba ya flas lain bisa gak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langkah pertama, check dulu flash agan, menggunakan chip genius. Kemudian lihat chip flash agan, download program dengan klik pada baris terakhir "Tools on Web: ..."

      Kedua, pastikan chip pada flashdisk agan support dengan partisi "CD Rom"

      Selanjutnya proses hampir sama, cuma step-step pembuatan CD Rom flashdisk berbeda sesuai dengan instruksi dari program chip flashdisk agan.

      Catatan: Sama-sama bermerk Toshiba, tidak semua flashdisk mempunyai chip 3S, terkadang Phison dll. Untuk jenis chip Phison, anda bisa menyimak cara membuat CD Rom pada postingan Kedua : Membuat CD Rom Pada Flash Disk (Bagian 2)

      Delete
  4. MINTA TUTORIAL UNTUK MEMGEMBALIKAN NYA?

    ReplyDelete
  5. sama mas seperti yang di atas, tinggal pilih "1.6691 + Toshiba 43nm D2 Normal Flash".
    =================================================================
    [OEM]
    PN=6691 + Toshiba 43nm D2 Normal Flash (CDROM)
    Note=ISP:6691_B3-A_20100331_VA10F00_9083.BIN

    VID=0
    PID=0
    VENDOR_NAME="aaps10"
    PRODUCT_NAME="Aaps10 CD"
    STRING_DESC_ENABLE=1
    SN_CustomerCode=0x0F

    [FEATURE_SETTING]
    FLASH_OP="ALL123"

    ID35=1



    [CDROM]
    CDROM_ISO=


    [ISP]
    Code=6691_B3-A_20100331_VA10F00_9083.BIN
    =================================================================
    Yang penting tulisan "CDROM_ISO=" dikosongin/ atau save script diatas menggunakan notepad dengan diberi nama "6691_Toshiba 43nm D2 Flash.INI".
    Jalankan program kemudian pilih pengaturan dengan nama tersebut.

    trims, semoga bisa membantu permasalahan anda

    ReplyDelete