Cinque Terre

2013/12/19

MEMBUAT EMAIL BARU ALTERNATIF DARI KESALAHAN UPLOAD EMAIL

Pos ini dibuat untuk menjawab pertanyaan dari teman Universitas Terbuka yang mengalami kesalahan ketika menulis nama email saat mengupload karya ilmiah di "karil.ut.ac.id". 
Langsung saja, saran yang saya kemukakan adalah dengan memberi nama email alternatif.


=============================

Contoh Kasus:
1. email saya adalah  contoh_ganti@yahoo.com
2. Saat upload saya salah menulis ganti_contoh@yahoo.com
3. Permasalahan yang muncul adalah email dari "no_reply@karil.uti.ac.id" tidak dapat dibuka karena email ganti_contoh@yahoo.com tidak ada karena kesalahan saat upload.

==================================================
>>>Solusi<<<
==================================================
Untuk mengatasi hal tersebut, kita akan membuat nama email alternatif dari email asli "contoh_ganti@yahoo.com"dengan nama sesuai dengan nama email yang "salah kita upload" dengan nama "ganti_contoh@yahoo.com". Setelah tutorial ini anda akan memiliki satu email dengan 2 nama. Langkah-langkah:

1. Login pada email anda. Pada layar sebelah atas klik pada pengaturan.




2. Setelah keluar jendela baru, klik "Buat alamat email ekstra".


3. Akan keluar jendela berikutnya. Pilih dari pilihan yang tersedia, atau tulis pada kotak sebelah kiri sesuai nama yang kita kehendaki dalam kasus ini adalah "ganti_contoh". Kemudian, klik Pilih.


4. Anda akan di beri pertanyaan, "Anda yakin ingin menggunakan "ganti_contoh"(email pilihan anda) sebagai alamat email ekstra anda? Kemudian klik pilih.  


5. Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi. Bila yakin sudah diisi dengan benar, klik ok.


6. Pembuatan selesai. Anda akan dibawa ke dalam kotak inbox anda. Semua email masuk dari alamat baru sebagai kasus "ganti_contoh@yahoo.com", akan dimasukkan ke dalam email asli "contoh_ganti@yahoo.com". 


==================================================
Langkah terakhir adalah anda coba lagi upload ke "karil.ut.ac.id", disana akan ada peringatan bahwa "NIM sudah terdaftar dengan email "ganti_contoh@yahoo.com " (email yang salah anda masukkan) silahkan cek email anda. Asumsi saya, email balasan akan dikirim ulang ke alamat "yang salah" (email baru anda). Kemudian anda baru login ke email, dan saya berharap email dari "no_reply@karil.ut.ac.id" muncul di dalam kotak inbox (spam / trash).

Sekian dari saya, semoga posting ini dapat membantu sobat aaps10 semua.

2 comments:

  1. KLO EMAILNYA PAKE GMAIL PA JUGA SAMA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai saat ini, admin belum pernah tahu ada fasilitas Gmail seperti pada Ymail. Jadi kalau untuk Gmail, anda harus buat email baru yang benar sesuai yang tertera pada kolom isian karil yang telah terunggah. Trims atas kunjungannya ^_^ .

      Delete