Cinque Terre

2012/10/30

PENGANTAR STATISTIKA

Pengertian Satatistika. 
Secara awam statistika adalah suatu alat pengolah data atau informasi untuk menentukan suatu keputusan secara objektif. Definisi statistika menurut Soleh adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mempelajari tata cara pengumpulan data (sampling), pengolahan data, penyajian data, analisis data, dan pengambilan keputusan berdasarkan data (2005: 2). Sedangkan statistik (tanpa ‘a’) dapat diartikan sebagai fungsi dari beberapa peubah acak yang saling bebas dan berdistribusi identik.Secara umum, proses statistika selalu melibatkan data sebagai inputnya.

Pembagian statistika.
Sebagai suatu alat yang berfungsi untuk mengolah suatu data, penjabaran metodologi statistika didasarkan pada tiga (3) hal:

1.    Proses analisis.

  • Analisis deskriptif. Statistika deskriptif memberikan informasi secara visual dan lebih bersifat subjektif dalam pembuatan analisisnya.
  • Analisis inferensi (konfirmatif). Statistika inferensi dapat memberikan informasi lebih objektif terutama dalam proses pengambilan keputusan yang ditunjang dengan adanya nilai tingkat kesalahan pengukuran. Analisis inferensi dijabarkan melalui penaksiran titik dan penaksiran selang dari suatu nilai parameter, dan pengujian hipotesis dari suatu masalah.
2.    Asumsi bentuk distribusi.
  • Statistik parametrik. Disebut statistik parametrik apabila rumusan suatu alat statistik dikembangkan dengan menggunakan asumsi bahwa variabel yang menjadi inputnya memiliki bentuk distribusi tertentu. Contoh statistik parametrik adalah analisis regresi linier, analisis variansi, pengujian hipotesis (uji r/ korelasi), dan selang kepercayaan.
  • Statistik non parametrik. Disebut statistik non parametrik apabila rumusan statistik dibuat tanpa menggunakan asumsi bentuk distribusi.

3.    Banyaknya variabel yang dilibatkan

  • Statistik univariate. Statistik uni variate adalah adalah metodologi penghitungan statistik yang hanya melibatkan satu variabel.
  • Statistik bivariate. Statistik bivariate adalah metodologi penghitungan statistik yang melibatkan dua variabel.
  • Statistik multivariate adalah metodologi penghitungan statistik yang melibatkan lebih dari dua variabel.

========================================
Sumber :

•    Soleh, Achmad Zanbar. (2005). Ilmu Statistika, Pendekatan Teoritis dan Aplikatif disertai Contoh Penggunaan SPSS. Rekayasa Sains: Bandung.

No comments:

Post a Comment