Cinque Terre

2014/10/26

BERCAKAP - CAKAP


Bercakap - cakap merupakan salah satu bentuk komunikasi antar pribadi. Berkomunikasi merupakan proses dua arah. Untuk terjadinya komunikasi dalam percakapan, diperlukan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara (Moeslichatoen, 2004 : 91).



A. Pengertian Percakapan

Percakapan merupakan suatu bentuk aktivitas kerja sama yang  berupa interaksi komunikatif, (Gumperz, 1982: 94). Istilah interaksi berarti hal saling melakukan aksi. Oleh karena istilah itu berkenaan dengan peristiwa kumunikatif, saling melakukan aksi dalam percakapan itu dimaksudkan sebagai realisasi komunikasi. Disisi lain interaksi itu melibatkan setidak-tidaknya dua pihak.


B. Pengertian Metode bercakap - cakap

Bercakap-cakap merupakan salah satu bentuk komunikasi  antar pribadi. Berkomunikasi merupakan proses dua arah.Untuk terjadinya komunikasi dalam Percakapan diperlukan keterampilan mendengar dan keterampilan berbicara.  Untuk bercakap -  cakap secara  efektif, belajar mendengarkan dan belajar berbicara sama pentingnya. Sebagai pendengar dalam komunikasi antar pribadi sedikitnya ada tiga hal yang harus dilakukan yaitu : 
1. Mengukur pemahaman yang didengarnya secara pasti 
2. Bila mengetahui bahwa pesan yang disampaikan itu tidak jelas, ia dapat memberitahukan kepada si pembicara.
3. Ia dapat menentukan informasi tambahan yang dibutuhkan agar dapat menerima pesan tersebut. (Moeslichatoen, 2004 : 91).  

Bercakap-cakap mengandung arti belajar mewujudkan kemampuan bahasa reseptif dan bahasa ekspresif. Kemampuan bahasa reseptif meliputi kemampuan  mendengarkan  dan  memahami  bicara  orang  lain.  Sebagai bukti penguasaan bahasa   reseptif   ialah semakin banyaknya kata - kata baru yang dikuasai oleh anak yang diperolehnya dalam kegiatan bercakap -  cakap.  Sedangkan  perkembangan  kemampuan  bahasa  ekspresif  anak dapat dilihat dari semakin seringnya anak menyatakan keinginan, kebutuhan, pikiran, dan perasaan kepada orang lain secara lisan. 

C. Manfaat Bercakap-cakap bagi Anak

Manfaat Kegiatan Bercakap-cakap bagi anak  menurut Bruner, bahasa itu memegang peran yang sangat penting bagi perkembangan kognitif anak. Galloway (Moeslichatoen, 2004 : 94), dan setiap perkembangan menuntut aktivitas anak. Kegiatan bercakap - cakap merupakan   salah   satu   aktivitas   untuk   meningkatkan   perkembangan kognitif dan perkembangan bahasa. Menurut Halliday (Moeslichatoen, 2004 : 95).

Manfaat kegiatan bercakap-cakap bagi anak adalah sebagai berikut : 
1. Meningkatkan keberanian anak untuk mengaktualisasikan diri dengan menggunakan kemampuan berbahasa secara ekspresif; menyatakan pendapat, menyatakan perasaan, menyatakan keinginan, dan kebutuhan secara lisan.
2. Meningkatkan keberanian anak untuk menyatakan secara lisan apa yang harus dilakukan oleh diri sendiri dan anak lain.
3. Meningkatkan keberanian anak untuk mengadakan hubungan dengan anak  lain  atau  dengan  gurunya agar  terjalin  hubungan sosial  yang menyenangkan
4. Dengan seringnya anak mendapat kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya,  perasaannya, dan keinginannya maka hal ini akan semakin meningkatkan kemampuan anak membangun jati dirinya.
5. Dengan seringnya kegiatan bercakap - cakap  diadakan, semakin banyak informasi baru yang diperoleh anak yang bersumber dari guru atau dari anak lain. Penyebaran informasi dapat memperluas pengetahuan dan wawasan anak tentang tujuan dan tema yang ditetapkan guru. 

===========

Daftar Pustaka :
Gumperz, J.J. (1982). Discourse Strategies. Cambridge: Cambridge University Press
Moeslichatoen. (2004) Metode Pengajaran di  Taman Kanak-Kanak. Rineka Cipta: Jakarta.

No comments:

Post a Comment